LOGO AKABA GIF

Sejarah

Akademi Kelautan Banyuwangi (Akaba) berkedudukan di wilayah Kabupaten Banyuwangi, didirikan atas rekomendasi Bupati Banyuwangi No. 420/1359/439.021/2001 Tanggal 10 Oktober 2001. Atas Prakarsa Danlanal Banyuwangi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi dan Kepala STM NegeriBanyuwagi yang juga memprakarsai berdirinya SMK Pelayaran Perikanan Banyuwangi.

Akademiini didirikan atas dasar kebutuhan yang sangat mendesak akan tenaga yang terampil dan professional di bidang kemaritiman. Oleh karena itu,segera dibentuk yayasan yang menaungi yaitu Yayasan Bahari Banyuwangi dan disepakati untuk mendirikan Akademi Kelautan Banyuwangi setingkat Diploma Tiga (D-3) dengan membuka tiga program Studi / jurusan, yaitu :

  1. Nautika
  2. Teknika
  3. KPNK (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan)

Pada perkembangan selanjutnya, agar bisa melayani Taruna secara optimal akhirnya Bupati Banyuwangi merekomendasikan Akademi Kelautan Banyuwangi untuk menempati Gedung Balai Latihan Transmigrasi yang berlokasi di daerah Ketapang, sehingga pada Tahun Akademik 2001/2002 mulai semester kedua kampus Akademi Kelautan Banyuwangi memiliki kampus tetap yang berlokasi di Jalan Transmigrasi No. 05 Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Guna meningkatkan kemampuan dan pengembangan Akademi Kelautan Banyuwangi, pada tanggal 09 Januari 2004 Yayasan Bahari Banyuwangi menyerahkan pengelolaan Akademi Kelautan Banyuwangi ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Bupati Banyuwangi Ir. H. Samsul Hadi. Selanjutnya, untuk menuju kemandirian dan keleluasaan fungsi Akademi pada tanggal 17 Maret 2004 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membentuk dan mengalih kelolakan Akademi Kelautan Banyuwangi ke Yayasan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi “Rempeg Jagapati” melalui ketuanya Bapak Ir. R. Soekarwodinoto, CES. Dalam perjalanannya yayasan tidak bisa mengelola dengan optimal dan berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang ketuanya ditunjuk oleh Bupati yaitu Drs. Moh .Ilyas Karnoto.

Pada tahun 2004 Akademi Kelautan Banyuwangi mendapatkan Rekom Perhubungan Laut No. 061/Rekom/IV/Diklat-2004 untuk Jurusan Nautika Pelayaran Niaga tingkat III dan Teknika Pelayaran Niaga tingkat III, dengan klasifikasi nilai untuk masing-masing jurusan yaitu grade C dengan masa berlaku 5 (lima) tahun dan diadakan peninjauan kembali 2 (dua) tahun setelah ijin Perla tersebut dikeluarkan. Tahun 2004 Akademi Kelautan Banyuwangi merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Maritim Swasta di Jawa Timur yang mendapat Rekom Perhubungan Laut. Rekom Perhubungan Laut tersebut merupakan titik awal kepercayaan yang sangat luar biasa kepada Akademi Kelautan Banyuwangi, yang mana untuk mendapat Rekom tersebut Akademi Kelautan Banyuwangi harus menyiapkan syarat minimal yang diharapkan oleh Perhubungan Laut. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2009 Rekom Perhubungan Laut tersebut mengalami kadaluarsa, hal ini disebabkan dalam kurun waktu lima tahun sejak diterbitkannya Rekom Perhubungan Laut tersebut, dukungan Pemkab Banyuwangi kepada Akademi Kelautan Banyuwangi dalam menyiapkan kelengkapan yang disyaratkan Perhubungan Laut tidak ditindaklanjuti.

Dengan menyisakan hanya 1 (satu) jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, minat Masyarakat Banyuwangi untuk menguliahkan putra-putrinya yang menginginkan jurusan Nautika Pelayaran Niaga tingkat III dan Teknika Pelayaran Niaga tingkat III menjadi mendaftarkan putra putrinya kuliah ke luar Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Akababwi